Apa sih Fungsi Lubang Pada Biskuit Cracker?

Fungsi lubang pada biskuit cracker

 

ArtikelUnik.Info – Dari sedikirnya pembaca di ArtikelUnik.info pasti ada sebagian dari kalian yang suka makan biskuit cracker kan? Hayo ngaku. Saya sendiri si menyukainya karena memang rasanya yang gurih dan enak. Namun, ada yang mengganjal, apa fungsi lubang pada biskuit cracker yang kita makan? Kenapa tidak dibuat tanpa lubang saja?

Mungkin sebagian dari kalian akan berfikir seperti itu. Kalau tidak berfikir seperti itu ya gapapa si. Namun bila ada yang berfikiran seperti itu, mari kita cari tahu kebenerannya di artikel ini.

Beda dari kebanyakan kue kering yang kita makan yang lain, biskuit cracker memiliki lubang – lubang kecil yang selalu menghias permukan biskuit tersebut. Pada umumnya, lubang tersebut tembus dari atas hingga bawah, namun tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa lubang yang hanya sampai tengah saja.

Saat pertama kali ataupun sampai saat ini, mungkin akan berfikir bahwa lubang pada biskuit cracker tersebut hanyalah hiasan tanpa fungsi didalamnya. Namun tanpa disangka sangka ternyata lubang tersebut memiliki fungsi ilmiah lho gan.

Lubang – lubang pada biskuit cracker tersebut digunakan untuk memudahkan proses produksi ketika di pabrik. Karena tanpa lubang – lubang tersebut, biskuit tidak akan terpanggang dengan sempurna.

Fungsi lubang tersebut yaitu memungkinkan uap untuk keluar dari adonan saati biskuit sedang dipanggang. Hal tersebutlah yang membuat biskuit cracker tersebut tetap pipih ataupun gepeng dibandingkan dengan mengembang besar seperti hal nya biskuit yang lain.

Dan perlu diketahui bahwa jumlah lubang dan posisi lubang pada biskuit cracker berbeda – beda dan tergantung pada ukuran biskuit tersebut. Apabila salah komposisi antara jumlah dan tempat lubangnya, maka biskuit tidak akan sempurna.

Contoh saja, apabila posisi lubang biskuit terlalu berdekatan, biskuit cracker tersebut akan menjadi kering dan keras diakibatkan banyaknya uap yang keluar. Dan apabila posisinya terlalu jauh, maka beberapa bagian cracker akan menggelembung di permukaan dan dianggap kurang ideal untuk jenis cracker.

Wah ternyata biskuit cracker yang simple tersebut rumit juga ya gan. Sekarang, agan sudah tahu fungsi lubang pada biskuit cracker untuk membantu proses pemanggangan. Jadi bila ditanya anak kalian, maka kalian harus bisa jawab ya..

Terimakasih kepada : Kaskus

Leave a Reply